Tim Basket Sulut Tundukkan Babel di PON

Mimika, Lintasutara.com – Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua sudah dimulai. Cabang olahraga (Cabor) bola basket saja dimulai.

Di laga perdana, Rabu (29/9) di GOR Mimika Sports Center Mimika, Sulut meraih kemenangan atas tipis atas Babel 91-92.

Lantas bagaimana peluang tim putra Sulut?.
Tim besutan duet pelatih handal Sulut Roland Lengkong dan Herry Tri Tumuwo itu berada di Grup B bersama Bali, Bangka Belitung (Babel), Jawa Timur (Jatim) dan Papua.

Jika melihat rekor pertemuan dengan empat tim tersebut, Sulut punya nilai plus dan minus, apalagi semua tim pernah bersua dengan tim berjuluk Sulut Hebat itu.

Tim Babel diperkuat enam pemain liga professional Indonesia Basketball League (IBL) dari klub yang sama Satya Wacana itu yakni Antoni Erga, Aldy Valentino, Alexander Franklyn, Fransiscus Prasetyo, Febrianus Khiandio dan Rian Sanjaya.

Mereka punya ambisi besar untuk meraih medali dari ajang ini. Pada PON Jabar 2016, Babel yang diperkuat Abraham Damar kalah 56-62 dari Sulut di kualifikasi grup.

Begitupun dengan Bali yang dikalahkan Sulut di prakualifikasi PON di Banten dengan skor 62-59. Akan tetapi, Bali yang diperkuat 6 pemain Dewa United dan 1 pemain Indonesia Patriots tak mau kecolongan lagi.

Baca Juga : Gubernur Sulut Naikkan Bonus Atlet Peraih Medali Emas di PON

Skuad yang dinakodai mantan pemain Bali I Gusti Ngurah Rusta Wijaya itu punya ambisi yang sama dengan Sulut yakni lolos grup.

Sementara, dua lawan Sulut yakni Papua peraih medali perunggu PON Jabar dan Jatim yang juga peraih perak di PON Jabar lalu. Bisa menjadi sandungan tim Sulut untuk lolos grup.

Namun, bila melihat rekor pertemuan Sulut vs Papua, 50:50 dimana keduanya saling mengalahkan di sejumlah iven nasional. Namun, faktor tuan rumah dan kesiapan Papua bisa jadi keunggulan tim Papua.

Sedangkan Jatim yang berambisi mengawinkan gelar di kategori 5×5 basket, merupakan tim yang belum pernah dikalahkan Sulut di semua ajang kompetisi.

Walau hanya diperkuat 10 pemain, Jatim yang sarat pengalaman dan materi skuad yang diatas rata-rata, bisa jadi Jatim akan lolos sebagai juara grup.

“Jadi, untuk lolos grup atau 4 besar, tim Sulut harus menang dari Papua dan Jatim,” ungkap Pelatih, Herry Tri Tumuwo.

(Don)

Ikuti Berita dan Informasi Terbaru dari Lintasutara.com di GOOGLE NEWS

Bagikan Artikel:

Artikel terkait

Terpopuler

BERITA TERKINI