Mental Juara, Faktor Terpenting Keberhasilan Seorang Atlet Menuju PON

Manado, Lintasutara.com – Iven Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua digelar September – Oktober 2021. Persiapan kontingen Sulut tinggal sebulan lagi.

Saat ini, para atlet dari 20 cabor tengah digodok dalam Pemusatan Latihan Daerah (Pelatda) di Tondano dan Manado.

Sekretaris Umum (Sekum) Ikatan Pencak Silat Seluruh Indonesia (IPSI) Sulawesi Utara Pontowuisang Kakauhe menilai keberhasilan seorang atlet yakni 80 persen adalah faktor mental.

“80 persen kemenangan bagi seorang atlet itu ditentukan oleh faktor psikologis juga,” kata Kakauhe kepada wartawan, Sabtu (21/08/2021).

Lanjut Pontowuisang, 20 persen sisanya itu harus di dukung dari segi fisik dan teknik agar bisa menuju kesempurnaan seorang petarung handal mencapai kemenangan di arena pertandingan.

Karena secara grafik, seorang atlet akan diandalkan jika mentalnya bergerak naik dan konstan hingga di arena laga. Secara perlahan, lambat laun fisik dan teknik bergerak turun karena faktor mental-lah yang terpenting.

Baca Juga: 21 Cabang Olahraga Sulut Punya Niat Bertarung di PON XX Papua

Namun demikian, ada juga hal tak kalah penting bagi seorang atlet guna mencapai prestasi puncak, yakni harus fokus serta doa.

Baginya, topangan doa seluruh masyarakat Sulawesi Utara bisa mengabulkan para duta atlet di pesta olahraga empat tahunan itu membawa pulang medali emas.

“Kita harapkan dukungan masyarakat juga dalam doa. Kita Imani, sebagaimana atlet kita sebagai sang jawara PON XX Papua nanti,” ujarnya.

Seperti diketahui, tim pencak silat Sulut meloloskan 6 pesilat putra putri di pentas PON XX Papua Tahun 2021.

Pontowuisang berharap para atletnya memiliki mental dan psikologis yang baik dalam bertanding. Sebab, bagi seorang petarung akan sia-sia jika tidak memiliki mental juara.

“Bagi seorang atlet baiknya fokus dalam bertanding. Kita datang, kita bertarung, kita menang. Itu yang kami harapkan bagi para pesilat Sulut,” tandasnya.

(Don)

Pesilat PON Sulawesi Utara:

Hidayat Limonu
Assadin Passi
Grey Adam
Micleimen Manopo
Hairul
Gita Watung

Ikuti Berita dan Informasi Terbaru dari Lintasutara.com di GOOGLE NEWS

Bagikan Artikel:

Artikel terkait

Terpopuler

BERITA TERKINI