Ikan dan Pangan Pasar Towo’e Dipastikan Aman

Sangihe, Lintasutara.com – Mendekati perayaan Idul Fitri, dua instansi masing-masing Stasiun Karantina Ikan Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (SKIPM) Tahuna dan Loka Pengawas Obat dan Makanan (POM) di Kabupaten Kepulauan Sangihe melaksanakan pemeriksaan di pasar Towo’e Tahuna, Senin (10/05/2021).

Dalam kegiatan bersama tersebut, SKIPM melakukan Rapid Test (Test cepat, red) untuk kurang lebih 6 sampel ikan berdasarkan jenisnya, sedangkan untuk Loka Pom Sangihe mengambil kurang lebih 26 sampel pangan yang kemudian langsung diuji ditempat.

Petugas Dari SKIPM Tahuna Melakukan Pengujian Cepat Sampel Ikan Di Pasar Towo’e (Foto : Ist)

Ditemui awak media ini, Geric Lumiu selaku kepala SKIPM Tahuna menyebutkan jika dari ke 6 yang diuji, semua sampel dinyatakan bebas dari bahan berbahaya.

“Jadi untuk SKIPM, kami tadi melakukan uji formalin. Dan dari hasil pemeriksaan komoditi perikanan baik ikan selar, ikan layang, cakalang, dan ikan karang, dapat dipastikan negatif, atau dengan kata lain bebas dari kandungan formalin,” jelas Lumiu.

Petugas Loka POM Sangihe Melakukan Pengujian Cepat Pangan Di Pasar Towo’e (Foto : Ist)

Ditempat terpisah, Kepala Loka Pom Sangihe Oktavianus Mamondol menyebutkan untuk pengujian dari pihaknya sendiri, ada sejumlah produk yang disampling, antara lain kue-kue terutama yang mengandung ikan, tahu, mie basah, dan daging ayam.

“Dan dari hasil rapid tes dari Loka Pom di pasar Towo’e, dapat dipastikan aman dari Formalin, Borax, Rohdamind B, dan Methanyl Yellow,” sebut Mamondol, ketika ditemui diruang kerjanya, sembari menyebutkan jika pada dasarnya sebelum pengujian dipasar Towo’e pihaknya telah melakukan pengujian juga disejumlah lokasi penjualan takjil, dengan hasil yang juga dipastikan aman.

(Gr)

Ikuti Berita dan Informasi Terbaru dari Lintasutara.com di GOOGLE NEWS

Bagikan Artikel:

Artikel terkait

Terpopuler

BERITA TERKINI