Jatuh Cinta Dengan Sangihe, Ini Kata Bupati Boltim Sam Sachrul Mamonto

Sangihe, Lintasutara.com – Nongkrong santai di Boulevard Apeng Sembeka (Apes), Jumat (05/11/2021) kurang lebih pukul 17.00 Wita, Lintasutara berkesempatan bersua Bupati Bolaang Mongondouw Timur (Boltim) Sam Sachrul Mamonto, S.Sos.

Sekilas, memang tak nampak gaya orang nomor satu Boltim dalam visual mantan jurnalis senior Sulut ini. Dengan kaos oblong putih, celana pendek dan sandal jepit, Mamonto yang didampingi Kadis Kominfo Boltim Khaerudin Mamonto, SE pun santai mengakrabi sejumlah awak media Sangihe dan angin sepoi-sepoi di tepi teluk Tahuna.

Dirinyapun mengaku terpesona menyaksikan keindahan bentangan alam Kabupaten di beranda utara Republik Indonesia ini, sembari merunut tiap-tiap pengalaman dirinya melihat secara langsung bumi Tampungang Lawo.

Keliling Separuh Pulau, Sam Sachrul Mamonto: Sangihe Sangat Indah

Sejatinya, kehadiran mantan Jurnalis Harian Posko dan Redaktur Eksekutif Radar Bolmong ini di Sangihe guna menghadiri helatan duka keluarganya dari pihak Istri Seska Ervina Budiman, S.Sos yang notabene merupakan perempuan asli Apeng Sembeka (Apes) Tahuna. Namun bukan jiwa pers namanya jika separo Tampungang Lawo ini tak disambanginya.

Terhitung wilayah kota Tahuna, kecamatan Manganitu, Tabukan Utara hingga kecamatan Kendahe sudah disambangi Sam Sachrul Mamonto.

Bupati Boltim Santai Berfoto di Boulevard Apeng Sembeka (Foto : Ger/Lintasutara)

Baginya, Sangihe merupakan daerah yang begitu indah dengan beragam pesona. Bahkan, dirinya mengaku tak pernah seharipun melewatkan kesempatan memandangi teluk Tahuna, yang memang bertepatan berada di depan rumah istrinya.

“Ini karunia yang harus dijaga, baik kebersihannya maupun kelestariannya. Karna banyak potensi yang bisa dilahirkan masyarakat Sangihe, dari pesona alam yang bisa dijumpai ini,” sebut Mamonto sembari melirik matahari terbenam di depan ‘gerbang’ teluk memasuki pelabuhan Tahuna.

Sangihe, Pulau Kecil Dengan Beragam Potensi Wisata

Keindahan alam yang yang disebutkan mantan Ketua KPU Bolmong periode 2009 – 2012 dan Ketua DPRD Boltim tahun 2014 hingga 2015 ini, tentu merupakan nilai tambah bagi sektor pariwisata Sangihe.

Baca Juga : Bupati Gaghana Resmikan Taman Bawah Laut BSG

Kepada Lintasutara.com, Bupati asal Desa Modayag II, Boltim ini bahkan meyakini jika potensi yang dimiliki Sangihe mampu bersaing dengan destinasi wisata Sulut yang lain, jika mampu dikembangkan dengan baik.

“Disini potensinya banyak. Secara visual ada sejumlah spot yang menawarkan pemandangan nan indah seperti puncak pusunge dan sekitarnya, spot diving di Pelabuhan Tua yang membuat saya harus putar otak lagi agar bisa kembali lagi untuk merasakan sensasi melihat kapal tua yang karam disitu, bahkan Sangihe ditunjang dengan sektor pertanian yang memadai dan laut yang menjanjikan,” jelas Bupati Boltim ini.

Bupati Boltim Sam Sachrul Mamonto (Tengah) Foto Bersama Awak Media Sangihe (Foto : Ist)

Pemerintah Pusat Wajib Memperhatikan Sangihe Lebih Baik Lagi

Sebagai figur yang notabene tak lepas dari suku Sangihe, pria yang akrab disapa masyarakat Tampungang Lawo di Boltim dengan sebutan “Embo” ini, berpendapat jika kota kecil dengan beribu potensi ini wajib mendapat perhatian lebih dari pemerintah pusat.

“Sangihe merupakan daerah Kepulauan. Artinya, ada rentan waktu yang harus ditempuh dari ibu kota Sulawesi Utara ketempat ini, padahal sebagai beranda NKRI Sangihe sekali lagi memiliki sekian banyak potensi yang sangat pas jika menjadi wajah Indonesia. Makanya, wajib ada perhatian dari Pemerintah pusat, maupun secara khusus kementerian,” sebutnya.

Bahkan selaku Pemimpin Bolaang Mongdouw Timur, Mamonto mengaku tak akan segan untuk turut merekomendasikan Kepulauan Sangihe jika nantinya ada rekan-rekannya yang hendak berinvestasi.

“Jadi dalam kapasitas saya sebagai bagian yang tak terpisahkan dari masyarakat Sangihe, hal itu menjadi bentuk support saya untuk Sangihe, pun Pemerintah Daerah Sangihe yang notabene juga menjadi mitra Pemda Boltim,” pungkasnya.

Catatan Redaksi : Pimpinan Merakyat Nan Luwes Milik Masyarakat Boltim

Mengenal Sam Sachrul Mamonto, seyogianya menjadi hal yang menarik. Pemimpin masyarakat dengan gaya yang luwes khas insan pers lantas menjadi nilai plus bagi Bupati Bupati Boltim ini.

Caranya bersikap sebagai pemimpin merakyat-pun dirasa wajib menjadi contoh bagi calon pemimpin-pemimpin masyarakat kedepan, disetiap level pemerintahan.

Redaksi Lintasutarapun sempat menangkap satu jargon penting dari Bupati yang juga merupakan politisi partai Nasdem, yang sekiranya bisa menjadi menjadi role model pemimpin merakyat sesungguhnya.

“Menjadi sama dengan masyarakat, tak akan mengurangi dan atau menghilangkan kenyataan jika kita merupakan Bupati,” sentil Mamonto, sebelum meninggalkan Boulevard Apes, menuju ke Pelabuhan Tahuna, Sabtu (06/11/2021).

(Gr/Redaksi)

Ikuti Berita dan Informasi Terbaru dari Lintasutara.com di GOOGLE NEWS

Bagikan Artikel:

Artikel terkait

Terpopuler

BERITA TERKINI