Harry Wolff Dilantik, Jabat Sekda Definitif Sangihe

Sangihe, LintasUtara.com – Menunjukan konsistensi kerja, meski dalam batasan status Pelaksana Harian dan Penjabat Sementara, Melanchton Harry Wolff akhirnya resmi memegang tampuk Panglima ASN (Baca: Sekretaris Daerah) Definitif.

Titik penting perjalanan pemerintahan di bumi Tampungang Lawo ini, dilegalkan dengan surat Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) dengan nomor B-3338/KASN/11/2020 pertanggal 04 November 2020 terkait Rekomendasi Hasil Seleksi Terbuka JPT Pratama Sekretaris Daerah Kabupaten Kepulauan Sangihe, Surat Bupati Kepulauan Sangihe nomor 800/40/3227 kepada Pjs. Gubernur Sulawesi Utara, di Manado, pertanggal 6 November 2020, terkait tindak lanjut surat KASN.

Dan teranyar, Keputusan Bupati Kepulauan Sangihe dengan nomor 821.2/SK/187/2020, tertanggal 13 November 2020, terkait Pembebasan dan Pengangkatan Pegawai Negeri Sipil (PNS) Dari dan Dalam Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Dilingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Sangihe.

Dalam sambutannya di Papanuhung Tampungang Lawo, Senin (16/11/2020), Gaghana mengingatkan sebegitu krusial fungsi Sekda dalam membantu Bupati, sehingga dalam tugasnya, jabatan Sekda merupakan salah satu pilar penentu keberhasilan pelaksanaan organisasi pemerintahan daerah, sesuai pasal 213 Ayat 2 Undang-undang nomor 23 tahun 2014, yakni Penyusunan Kebijakan dan Pengoordinasian Administratif Terhadap Pelaksanaan Tugas Perangkat Daerah Serta Pelayanan Administratif.

“Tugas sebagai Sekda memang tidak mudah, karena di pundak saudara terletak tanggung jawab yang besar, dimana saudara harus mengakomodir segala tugas dan fungsi sebagai pejabat yang memegang peranan penting dalam pelaksanaan program-program pembangunan di daerah,” sebut Gaghana.

Bupati Kabupaten Kepulauan Sangihe Jabes Ezar Gaghana saat melantik Harry Wolff sebagai Sekda Sangihe.

Lebih lanjut, dirinya menegaskan, bahwa Sekda terpilih dituntut memiliki kapasitas dan kapabilitas yang tinggi, sehingga dapat berperan aktif dalam membantu keberhasilan pemerintah untuk mewujudkan visi dan misi organisasi pemerintah daerah.

“Yang harus diperhatikan, adalah kemampuan membangun komunikasi yang harmonis dan intensif dengan semua perangkat dan aparatur pemerintahan, serta komponen masyarakat,” ujar dia.

Karena itu, sebagai pembina seluruh ASN di lingkungan pemda Sangihe lanjut Bupati, Sekda harus tampil sebagai teladan bagi seluruh ASN, terlebih dalam mengimplementasikan visi Daerah Kabupaten Kepulauan Sangihe, Perbatasan NKRI Sebagai Gerbang Maritim Indonesia Yang Maju, Sejahtera dan Mandiri.

Dirinyapun sekaligus menekankan kepada sejumlah ASN yang hadir, bahwa keberadaan Sekda wajib ditunjang dengan tim kerja yang solid.

“Kita tunjukan integritas dan loyalitas dalam setiap pelaksanaan tugas pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan,” kunci Bupati.

Harry Wolff sendiri, ketika disentil terkait agenda prioritasnya pasca pelantikan menyebutkan, jika seyogianya agenda-agenda strategis sebagai Sekda telah berjalan selama ia menjabat sebagai pelaksana harian, dan penjabat sementara, meski masih terkendala dengan legal standing.

Foto bersama: Bupati Kabupaten Kepulauan Sangihe Jabes Ezar Gaghana dan istri bersama Sekda Sangihe Harry Wolff dan istri, dan Forkopimda Sangihe serta Pejabat lainnya dalam Acara Pelantikan Sekda Sangihe.

“Dan sesuai dengan arahan Bupati tadi, maka langkah awal yang harus dibenahi, yakni fungsi koordinasi, integritas dan integrasi dan singkronisasi dengan teman-teman OPD selaku pelaksana teknis atau fungsi lini,” sebut Wolff.

Dirinyapun mengingatkan kembali pesan kuat Bupati terkait kewajiban membangun team work yang baik dalam rangka percepatan pelaksanaan target pencapaian RPJMD.

“Jadi tugas utamanya sudah sangat jelas, yakni membentuk team work dalam program pemerintahan guna memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat,” tutup pria yang sebelumnya menjabat Assisten II, bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kepulauan Sangihe ini.

(Adv/Andra Medawo)

Ikuti Berita dan Informasi Terbaru dari Lintasutara.com di GOOGLE NEWS

Bagikan Artikel:

Artikel terkait

Terpopuler

BERITA TERKINI