H-1 Pemilu 2024, KPU Sitaro Musnahkan Ratusan Surat Suara

Sitaro, Lintasutara.com – Sebanyak 314 kertas suara untuk Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 di Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), Provinsi Sulawesi Utara dimusnahkan.

Pemusnahan ini dilakukan dengan cara dibakar oleh pihak KPU Kabupaten Kepulauan Sitaro di area gudang logistik Pemilu 2024 yang bertempat di Kelurahan Tarorane, Kecamatan Siau Timur serta disaksikan oleh unsur Forkopimda setempat.

Ketua KPU Kabupaten Kepulauan Sitaro, Stevanus Kaaro menyebutkan, pemusnahan ini merupakan tindak lanjut atas keputusan KPU Nomor 1395 yang didalamnya mengatur bahwa, untuk kelebihan ataupun surat-surat yang rusak wajib untuk di musnahkan satu hari sebelum pemungutan suara.

“Dan hari ini tanggal 13 Februari 2024, jadi hari ini kita lakukan pemusnahan,” ujar Kaaro, Selasa (13/02).

“Dan ini pun dilakukan untuk mengantisipasi jangan sampai ada opini-opini liar atau presepsi masyarakat, bahwa masih ada kertas suara di KPU dan bisa jadi disalah-gunakan,” sambungnya.

Untuk itu perlu diketahui lanjutnya, bahwa untuk surat suara yang ada saat ini hanyalah surat suara yang sudah di distribusikan ke masing-masing TPS.

Pemilu 2024
Pj Bupati Sitaro Joi E. B. Oroh Bersama Forkopimda Disela-Sela Pelaksanaan Kegiatan (Foto : Bon)

“Dan perlu saya jelaskan bahwa surat suara yang ada saat ini hanya ada surat suara yang ada di tiap TPS di Kabupaten Kepulauan Sitaro dan saat ini sudah tidak ada lagi di gudang KPU,” tegasnya.

Sementara itu, Penjabat (Pj) Kabupaten Kepulauan Sitaro, Joi E. B. Oroh saat ditemui usai kegiatan menyampaikan, jika pemerintah daerah terus mendukung penuh setiap kegiatan Pemilu 2024.

“Sebagai Kepala Daerah mendukung penuh penyelenggaraan pemilu umum ini dan kalau nantinya ada yang kurang akan kami bantu,” jelasnya.

Bahkan untuk mendukung lancarnya kegiatan Pemilu 2024 lanjut Oroh, Pemerintah daerah bersama dengan seluruh jajaran.

“Kemarin juga kami sudah melaksanakan rapat dengan seluruh Camat dan seluruh perangkat daerah terkait untuk mensupport kegiatan-kegiatan pemilu ini,” tandasnya.

Turut hadir dalam kegiatan pemusnahan surat suara, Pj. Bupati Kepulauan Sitaro, Joi E. B Oroh, unsur Forkopimda, Komisioner KPU, Ketua Bawaslu Kabupaten Kepulauan Sitaro, Hendrols Tatengkeng dan sejumlah pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Adapun surat suara yang di musnahkan yaitu:

  1. Surat suara pemilu Presiden dan Wakil Presiden sebanyak 7 lembar.
  2. Surat suara anggota DPR RI sebanyak 98 lembar
  3. Surat suara anggota DPR Provinsi sebanyak 88 lembar
  4. Surat suara anggota DPR Kabupaten/Kota sebanyak 102 lembar
  5. Surat suara anggota DPD sebanyak 19 lembar

(Bon)

Ikuti Berita dan Informasi Terbaru dari Lintasutara.com di GOOGLE NEWS

Bagikan Artikel:

Artikel terkait

Terpopuler

BERITA TERKINI