Tatengkeng: Masa Tenang Fase Krusial Bagi Penyelenggara Pemilu

Sitaro, Lintasutara.com – Bawaslu Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) menggelar apel siaga Pengawasan Masa Tenang, Pemungutan dan Perhitungan Suara Pemilu 2024 yang di laksanakan di aula Kadademahe Kelurahan Ondong Kecamatan Siau Barat pada Sabtu (10/02).

Ketua Bawaslu Kabupaten Kepulauan Sitaro, Hendrols Tatengkeng mengatakan, tahapan masa tenang merupakan fase yang paling krusial dalam pelaksanaan Pemilu, yang nantinya akan menguji integritas seluruh elemen bangsa termaksud seluruh jajaran pengawas pemilu dan peserta pemilu.

Berdasarkan pengalaman baik pada agenda pemilihan kepala daerah maupun agenda pemilu sebelumnya, masa tenang cendrung diwarnai dengan praktek kecurangan baik politik uang, propaganda isu SARA, penyebaran berita bohong atau saling menjatuhkan antara sesama peserta hingga terjadi bentuk kekerasan antara pendukung peserta pemilu.

“Praktek seperti itu tentu mengancam keutuhan bangsa dan negara kita. Salah satu persoalan klasik lainnya yang sering kita hadapi yaitu kecendrungan peserta dan calon menggunakan segalah cara untuk memenangkan kontestasi politik termaksud melibatkan uang yang tidak rasional untuk mempengaruhi pilihan masyarakat,” jelasnya.

Menurut Tatengkeng, politik uang jelas-jelas melecehkan kecerdasan pemilih, merusak tatanan demokrasi, melahirkan pemimpin bermental koruptor menghambat pembangunan serta menurunkan harkat dan martabat kemanusiaan.

“Oleh karena seluruh jajaran pengawas pemilu bersama-sama dengan masyarakat harus menggaungkan tolak dan lawan politik uang,” lanjutnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, perlu sinergitas baik Bawaslu, TNI-Polri, Tokoh masyarakat dan tokoh agama serta peran media yang informatif dapat melaksanakan pemilu yang bersih, damai dan bermartabat.

“Itulah sebabnya, kita berdiri di sini dalam gelaran apel siaga pengawasan masa tenang pemungutan, perhitungan dan rekapitulasi perolehan suara serentak tahun 2024,” jelasnya.

Ia juga mengingatkan kepada jajaran pengawas untuk tidak bersikap arogansi dalam menjalankan tugas.

“Kepada jajaran pengawas agar menghindari sikap-sikap arogansi saat menjalankan tugas pengawasan,” tegasnya.

Masa Tenang
Foto Bersama Bawaslu Sitaro Bersama Forkopimda (Ist)

Sementara itu, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Kepulauan Sitaro, Gandawari Mulalinda mewakili Penjabat (Pj) Bupati Kepulauan Sitaro mengatakan, berdasarkan aturan bahwa dalam tahapan masa tenang ini seluruh aktivitas kampanye sudah tidak diperbolehkan lagi.

Selain itu, masa tenang ini juga menjadi masa dimana masyarakat untuk memantapkan pilihan yang akan di ambil pada hari pencoblosan.

“Bagi saudarah-saudarah yang melaksanakan tugas, masa tenang ini tidak hanya dilihat sekedar tidak ada kampanye, tetapi apa maksud diberikan masa tenang bagi warga masyarakat dalam menghadapi pemungutan dan perhitungan suara itu yang kita wujutkan,” jelasnya.

“Dimana masyarakat diberi kesempatan untuk fokus pada pikiran, fokus kepada siapa dia menentukan pilihannya,” sambung Mulalinda

Lanjut ia mengatakan, selalu pengawas pemilu harus betul menjamin praktek politik uang dan praktek kecurangan lainnya bisa terjadi di masa tenang ini.

“Seperti di singgung oleh ketua Bawaslu tadi, bahwa biasanya yang terjadi di masa tenang ini adalah politik uang atau lainnya, itu biasanya terjadi di masa tenang. Ini yang perlu dijamin oleh saudara-saudara pengawas pemilu,” ujarnya.

Mulalinda berharap, pengawas pemilu sebagai tonggak demokrasi kiranya dapat mewujudkan pemilu yang adil, bersih dan bermartabat.

“Semoga apa yang di jalankan pada tahapan pemilu ini dapat dilaksanakan dengan baik sehingga pemilu berjalan dengan lancar, aman dan sukses,” pungkasnya.

Perlu di ketahui kegiatan ini di laksanakan serentak dan khusus Kepulauan Siau kegiatan terfokus di Aula Kadademahe, sementara untuk pulau Tagulandang dan Biaro kegiatan di laksanakan di masing-masing Kecamatan.

Kegiatan kawal masa tenang ini akan di awali dengan melakukan patroli masa tenang oleh seluruh jajaran pengawas di wilayah tugas masing-masing.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Kapolres Kepulauan Sitaro yang di wakili oleh Wakapolres, Komandan Posal Kepulauan Siau, Pihak Kodim 1303/Sangihe, Pihak Kejaksaan, Komisioner KPU, Komisioner Bawaslu Jel. A. Naleng, perwakilan tiap partai peserta pemilu, Panwascam, PKD dan perwakilan PTPS se-Siau.

(Bon)

Ikuti Berita dan Informasi Terbaru dari Lintasutara.com di GOOGLE NEWS

Bagikan Artikel:

Artikel terkait

Terpopuler

BERITA TERKINI