Jelang Nataru, Lanal Tahuna Amankan Ratusan Miras Ilegal, Ayam dan Barang Selundupan

Sangihe, Lintasutara.com – Jelang perayaan Natal 25 Desember 2023, Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Tahuna mengamankan ratusan liter minuman keras ilegal dan 120 ayam sabung dari Filipina.

Hal ini terungkap dari dalam press release hasil operasi Tim Satgas Pengamanan Nataru di Aula Marore Lanal Tahuna, Sabtu (24/12/2023).

Adapun barang bukti yang berhasil diamankan yakni ratusan liter miras tradisional berupa cap tikus yang akan dibawa dari Manado ke Tahuna, pun sebaliknya beragam merk minuman ilegal yang akan dibawa dari Tahuna ke Manado.

Selain itu, dilakukan juga operasi penangkapan ditengah laut dengan hasil ratusan botol miras dan minuman soda ilegal, ayam sabung, vitamin ayam serta tiga orang diduga pelaku penyelundupan yang menggunakan perahu berjenis pump boat.

Danlanal Tahuna Kolonel Laut (P) Mohamad Bayu Pranoto,S.H.,MTr dalam konferensi pers menuturkan tugas pokok TNI dalam UU No.34/2004 Pasal 7 ayat 1 dan 2, Tupoksi Lanal yang tertuang dalam Kep Kasal Nomor Kep 1771/XII/2013 tgl 23 Des 2013 tentang Standarisasi Pangkalan TNI AL.

Selain itu, dijelaskan juga terkait Undang Undang RI Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI dan United Nations Convention On The Law Of The Sea (UNCLOS 1982) serta Dasar hukum, kegiatan Pam Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

“Pada intinya, Lanal bertujuan mereduksi dan juga mencegah peredaran barang-barang terlarang sesuai Amanat Undang-Undang dan Tugas Pokok yang di emban Lanal,” sebut Danlanal.

Dirinyapun menyebutkan pelaksanaan kegiatan Tim Satgas pengamanan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 bukan hanya terfokus pada wilayah tahuna.

Lanal
Barang Bukti yang Diamankan Operasi Pam Nataru Lanal Tahuna (Foto : Lintasutara)

“Kami fokus ke seluruh wilayah kerja termasuk Kepulauan Marore, Siau dan Tanggulandang dimana Lanal Tahuna memiliki Posal-Posal di wilayah tersebut,” kunci Danlanal

Barang Bukti Hasil Operasi Pam Nataru

Jumat 22 Desember 2023
3 Dus berisi 36 botol Miras Ileghal dari Philipin merk Carlo Rossi di KM.Saint Merry Rute Tahuna – Manado.

Sabtu 23 Desember 2023
1. Miras illegal tradisional tanpa BPOM, Kadar, Label dan kemasan dengan jenis Cap Tikus sebanyak 16 plastik (160) Liter di KM.Barcelona IIIA rute Manado – Tahuna.

2. 5 Kardus (60) botol Minuman keras berbagai merek (Carlo Rossi, Bar Gin, Tanduay) di KM.Barcelona IIIA Rute Tahuna – Manado.

3. Tiga orang ABK (Kewarganegaraan masih didalami) yang dapat dipastikan melakukan aktifitas Penyelundupan dari Philipin ke Indonesia dengan menggunakan Perahu Nelayan jenis PumpBoat dengan muatan :

  • Ayam aduan jenis Ras Philipin sebanyak 120 Ekor
  • – Minuman keras 104 Botol dan 5 Dos
  • – Minuman Ringan 24 Krat Botol Kecil dan 4 Krat Botol Besar
  • – 7 Buah kardu besar (ada yang didouble) berisikan Vitamin dan Obat Ayam illegal dari Philipin
  • – Dan Peralatan Belanjaan serta pendukung lainnya.

(Gr)

Ikuti Berita dan Informasi Terbaru dari Lintasutara.com di GOOGLE NEWS

Bagikan Artikel:

Artikel terkait

Terpopuler

BERITA TERKINI