Undang Kemendagri, Pemkab Sitaro Sosialisasikan Penyusunan APBD 2022

Sitaro, Lintasutara.com – Pemerintah Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) melalui Badan Pengelolah Keuangan dan Pendapatan Daerah (BPKPD) Kabupaten Kepulauan Sitaro, melaksanakan Sosialisasi Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 77 Tahun 2020 tentang Pedoman Teknis Pengelolaan Keuangan Daerah dan Nomor 27 Tahun 2021 tentang Pedoman Penyusunan APBD Tahun 2022.

Bertempat di Ballroom Hotel Four Points, Jl. Piere Tendean Manado, Sabtu (16/10/ 2021), Sosialisasi dibuka oleh Wakil Bupati Kepulauan Sitaro, Drs. John H. Palandung dan diikuti oleh Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kepulauan Sitaro, Para Asisten Sekretaris Daerah (Sekda), Kepala Perangkat Daerah, para Camat dan Lurah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sitaro.

Kegiatan ini mengundang narasumber dari Kemendagri yakni Dr. Bahri, S.STP. M.Si selaku Direktur Perencanaan Anggaran Daerah dari Direktorat Jenderal Bina Keuangan Daerah yang dalam sambutannya menyampaikan jika dalam konteks pembinaan pengawasan, seyogianya ada peran yang dimainkan oleh Kemendagri dalam memastikan tujuan dan sasaran akhir.

Dengan penetapan regulasi terkait dengan pengelolaan keuangan daerah, maka saat ini kebijakan Kemendagri pasca terbitnya Peraturan Pemerintah Nomor 12 tahun 2019 yakni menetapkan kebijakan penglolaan keuangan berbasis digital atau berbasis elektronik.

“Dalam rangka melakukan pembinaan pengawasan, salah satu sasaranya adalah pengelolaan keuangan daerah, kita memastikan tujuan dan sasaran akhirnya adalah pengelolaan keuangan daerah secara tertib, efektif, efisien, transparant, dan bertanggung jawab,” ujar Dr. Bahri.

Sebelumnya, dalam sambutan Bupati Kepulauan Sitaro yang dibacakan Wabup, Sosialisasi ini diharapkan menjadi langkah awal penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran 2022.

Orang nomor dua di Sitaro inipun mengajak peserta yang hadir dalam sosialisasi tersebut untuk membangun komitmen bersama untuk melakukan yang terbaik dalam pengelolaan keuangan APBD.

Baca Juga : Pemkab Sitaro Laksanakan EPPRA Periode Agustus T.A. 2021

“Rencana keuangan APBD tahunan dibahas dan di setujui bersama oleh Pemerintah Daerah dengan DPRD ditetapkan melalui Peraturan Daerah (Perda) serta menjadi instrument yang di gunakan sebagai alat dengan tujuan untuk meningkatkan pelayanan umum dan masyarakat di Daerah”. Jelas Palandung.

Dijelaskannya, dalam penyusunan APBD, Pemerintah Daerah mempedomani Permendagri yang di keluarkan setiap tahun dengan amanat perundang-undangan yaitu undang-undang (UU) Nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah pasal 308 ; bahwasanya Menteri menetapkan pedoman penyusunan APBD setiap tahun setelah berkordinasi dengan Menteri yang menyelenggarakan urusan pemerintah bidang perencanaan pembangunan nasional dan Menteri yang menyelenggarakan urusan Pemerintah dibidang Keuangan.

Selanjutnya, pemerintah pusat lewat Kemendagri menerbitkan Permendagri Nomor 27 tahun 2021 tentang Pedoman penyusunan APBD Tahun 2022 sebagai rujukan bagi Pemerintah Daerah dalam melakukan penyusunan APBD Tahun Anggaran 2022.

Melalui kegiatan sosialisasi ini, Palandung menyentil harapannya agar seluruh kepala Perangkat Daerah bisa mempedomani dan memperhatikan materi dengan serius yang akan disampaikan narasumber dalam sosialisasi.

“Ikutilah sosialisasi ini dengan serius dan tekun mencermati segala materi yang akan di sampaikan oleh narasumber sehingga kedepannya tidak akan menemui kesulitan dalam penyusunan APBD 2022”. Tutup Palandung, Orang nomor dua Sitaro.

Kegiatan di lanjutkan dengan pemaparan materi oleh Direktur Perencanaan Anggaran Daerah, Dr. Bahri, S.STP. M.Si.

Hadir juga dalam kegiatan ini, Ketua DPRD Kabupaten Kepulauan Sitaro, Djon Ponto Janis, SH, Sekretaris Daerah Kabupaten Kepulauan Sitaro, Drs. Herry Bogar, MM.

(Honeng)

Ikuti Berita dan Informasi Terbaru dari Lintasutara.com di GOOGLE NEWS

Bagikan Artikel:

Artikel terkait

Terpopuler

BERITA TERKINI