Sambangi Sangihe, Wakasal Tinjau Lahan Bakal Pangkalan Angkatan Laut Di Pananaru

Sangihe, Lintasutara.com – Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Purwono melaksanakan kunjungan kerja (Kunker) ke Kabupaten Kepulauan Sangihe.

Dalam pantauan awak media, Jumat (16/04/2021), orang nomor dua di TNI Angkatan Laut ini tiba di Bandar Udara Naha, kecamatan Tabukan Utara pada pukul 06.30 dan disambut dengan prosesi adat.

Seusai prosesi penjemputan yang dihadiri secara langsung Bupati Kepulauan Sangihe Jabes Ezar Gaghana, Danlanal Tahuna Kolonel Laut (P) Sobarudin M.Tr Hanla, Dandim 1301/Sangihe Letkol Inf Rachmat Christianto, SIP, Kapolres Sangihe AKBP Tony Budhi Susetyo, SIK, Kajari Sangihe Yunardi, SH. MH, Wakasal bersama rombongan langsung bertolak menuju Pelabuhan Pananaru, kecamatan Tamako.

Wakasal Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Purwono disambut dengan prosesi adat. (Ger/lintasutara.com)

Dalam sesi wawancara bersama sejumlah awak media, Wakasal menyebutkan jika kedatangannya ini dalam rangka peninjauan lahan yang rencananya akan digunakan untuk pembangunan Pangkalan Angkatan Laut di wilayah yang berdekatan dengan Pelabuhan tersebut, yang sekaligus pembangunan Gugus Keamanan Laut di Kabupaten Kepulauan Sangihe.

“Bagus disini, Pak Bupati telah memberikan teluk yang nyaman dan aman. Kemudian inikan mendekati perbatasan, jadi KRI-KRI kita yang banyak melaksanakan patroli di perbatasan bisa melakukan bekal ulang disini,” ungkap Wakasal.

Dirinyapun berharap, kehadiran Pangkalan Angkatan Laut di wilayah Pananaru dapat berdampak pada peningkatan pembangunan daerah Kepulauan Sangihe, karena menurut Wakasal, dengan berdirinya dermaga dan kantor Angkatan Laut, maka setidak-tidaknya akan ada peningkatan pangsa pasar termasuk pembangunan disektor lain seperti listrik, minyak dan telekomunikasi yang diharapkan segera dihadirkan.

“Makanya kita lagi mengejar itu, yakni bagaimana peran kita membangun Angkatan Laut yang bersinergi dengan pemerintah daerah ; kita mendapatkan Kepentingan, yakni melaksanakan kerja Angkatan Laut, sekaligus berperan dalam pembangunan di daerah terutama sektor ekonomi masyarakat,” tandasnya.

Wakasal Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Purwono mengunjungi Pelabuhan Pananaru, kecamatan Tamako. (Ger/lintasutara.com)

Saat ini lanjut Wakasal, pihaknya sedang merancang langkah-langkah pembangunan. “Makanya saat ini kami hadir bersama staff untuk melakukan survey. Setelah perencanaannya matang, kita akan koordinasikan lagi dengan Bupati. Mudah-mudahan bisa secepatnya,” kunci Wakasal.

Sementara itu, Bupati Kepulauan Sangihe Jabes Ezar Gaghana meyakini jika pembangunan dermaga dan markas ini dapat menambah rasa aman untuk pengamaman laut dan kawasan kabupaten di teras utara NKRI ini.

“Jika untuk kebaikan dan keamanan masyarakat, maka pasti akan kami dukung,” singkat Gaghana.

(Gr)

Ikuti Berita dan Informasi Terbaru dari Lintasutara.com di GOOGLE NEWS

Bagikan Artikel:

Artikel terkait

Terpopuler

BERITA TERKINI