BPOM Terbitkan Izin, Ini Tahapan Vaksinasi Covid-19 di Indonesia

Nasional, LintasUtara.com – Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI telah mengeluarkan izin edar atau Emergency Use Authorization (EUA) terhadap vaksin Covid-19 yang diproduksi Sinovac.

“Badan POM memberikan emergency use authorization pada kondisi emergency untuk vaksin Corona Vax produksi Sinovac Biotech Incorporated yang bekerjasama dengan Bio Farma,” kata Kepala BPOM Penny K Lukito, dalam konferensi pers daring, Senin (11/1/2021).

Setelah izin ini terbit, pemerintah akan segera melakukan vaksinasi Covid-19 sesuai dengan prioritas penerima vaksin dan 4 tahapan yang telah ditetapkan.

Adapun Tahapan Vaksinasi Covid-19 adalah sebagai berikut:

Tahap Pertama (Januari-April 2021)

Tahap pertama vaksinasi Covid-19 diperuntukkan bagi tenaga kesehatan, asisten tenaga kesehatan, tenaga penunjang serta mahasiswa yang menjalani profesi kedokteran yang bekerja pada fasilitas pelayanan kesehatan.

Tahap Kedua (Januari-April 2021)

Sasaran vaksinasi Covid-19 tahap kedua adalah Petugas pelayanan publik yaitu TNI/Polri, aparat hukum, dan petugas pelayanan publik lainnya yang meliputi petugas di bandara/pelabuhan/stasiun/terminal, perbankan, perusahaan listrik negara, dan perusahaan daerah air minum, serta petugas lain yang terlibat secara langsung memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Tahap Ketiga (April 2021- Maret 2022)

Sasaran untuk tahap ketiga adalah masyarakat rentan dari aspek geospasial, sosial, dan ekonomi.

Tahap keempat (April 2021 – Maret 2022)

Tahap keempat diperuntukkan bagi masyarakat dan pelaku ekonomi lainnya berdasarkan pendekatan kluster dan sesuai dengan ketersediaan vaksin.

(AM)

Ikuti Berita dan Informasi Terbaru dari Lintasutara.com di GOOGLE NEWS

Bagikan Artikel:

Artikel terkait

Terpopuler

BERITA TERKINI