Lokasi Kotak Hitam Pesawat Sriwijaya Air SJ 182 Ditemukan

Nasional, LintasUtara.com – Kotak hitam pesawat Sriwijaya Air SJ 182 rute Jakarta-Pontianak, yang sebelumnya dinyatakan hilang kontak pada Sabtu (9/1/2021), sudah ditemukan lokasinya.

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto pada Minggu (10/2/2021) membenarkan penemuan posisi kotak hitam atau black box yang diduga kuat bagian dari pesawat nahas tersebut.

“Saat ini terus berupaya untuk mendapatkan black box yang posisinya juga diduga kuat adalah posisi black box yang kita cari,” kata Hadi, dilansir dari Kompas.com, Senin (11/1/2021).

Panglima TNI mengungkapkan, Tim Gabungan telah mendapatkan bukti kuat dari sinyal yang dipancarkan oleh kotak hitam tersebut dan tim sudah memberi tanda titik lokasinya.

Dari temuan ini menurutnya, kotak hitam secepatnya bisa diangkat dan dianalisa oleh Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) untuk mengetahui penyebab kecelakaan.

“Bahan bagi KNKT untuk mengetahui penyebab terjadinya kecelakaan tersebut,” ujarnya.

Kotak hitam atau Black Box merupakan perangkat yang menyimpan catatan penting sebuah pesawat.

Black Box terdiri dari dua bagian penting, yakni Flight Data Recorder (FDR) dan Cockpit Voice Recorder (CVR) atau gabungan dari keduanya.

FDR berfungsi untuk merekam data aspek pesawat, seperti ketinggian, kemiringan, kecepatan pesawat dan tekanan udara.

Sementara CVR berfungsi untuk merekam percakapan antara pilot dan co-pilot di cockpit atau dek penerbangan, percakapan di kabin pesawat, serta percakapan dengan menara pengawas atau Air Traffic Control (ATC).

Dengan menganalisa komponen-komponen dalam Black Box ini maka dapat diketahui penyebab kecelakaan sebuah pesawat.

(AM)

Ikuti Berita dan Informasi Terbaru dari Lintasutara.com di GOOGLE NEWS

Bagikan Artikel:

Artikel terkait

Terpopuler

BERITA TERKINI