Apresiasi Pahlawan Pembangunan Sangihe Ditengah COVID-19, Pemkab – Forwas Gelar LFD 2020

Sangihe, Lintasutara.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Sangihe melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Daerah Kepulauan Sangihe, bekerja sama dengan Forum Wartawan Sangihe menggelar Lomba Fotografi Diskominfo (LFD) 2020.

Lomba yang bakal dihelat sepanjang 25 November hingga 15 Desember ini, diharapkan mampu menggelitik lagi kreatifitas para juru jepret Sangihe dalam melihat kondisi sosial yang ada di Sangihe, lebih fokus lagi terkait COVID-19.

Kepala Dinas (Kadis) Kominfo Daerah Kepulauan Sangihe, Drs. Sukardi Adilang ketika ditemui awak media, Jumat (27/11/2020) menyebutkan jika lomba bertajuk ‘Pahlawan Pembangunan Sangihe ditengah Pandemi COVID-19’ ini, merupakan apresiasi Pemkab, terhadap figur-figur yang punya kontribusi penting dan menjadi ujung tombak masyarakat dalam membangun Sangihe, baik secara ekonomi melalui pelbagai sektor pembangunan daerah, maupun secara moral.

“Ada banyak figur-figur masyarakat yang sebenarnya turut berperan dalam membantu pemerintah melewati masa-masa sulit diawal pandemi COVID-19 di Sangihe, dan mereka tentu perlu diberikan apresiasi sebesar-besarnya,” ungkap Adilang.

Selain itu dirinyapun berharap, lomba ini bisa menampilkan pembangunan daerah dengan karya-karya menarik diberbagai sektor seperti pertanian, perikanan, kelautan, parawisata, dan sektor lainnya, untuk sama-sama menunjukan bahwa semangat tau (Baca : Masyarakat) Sangihe tidak mengendur, meski dihadang tembok pandemi COVID-19 diberbagai arah.

“Ada banyak sektor yang kemudian berkembang sebegitu pesat, yang membuktikan bahwa Kabupaten Kepulauan Sangihe tidak larut dalam pandemi, dan selalu mampu bangkit, sesuai slogan Somahe Kai Kehage (Baca : Badai Adalah Tantangan),” Kuncinya

Sementara itu, Ketua Panitia LFD 2020 Ronny Serang berharap agar lomba yang sedianya sudah dimulai sejak tanggal 25 November 2020 ini dapat diikuti oleh kaum muda Sangihe, untuk menunjukan seberapa besar kreativitas kaum muda Sangihe dalam menopang pembangunan di Sangihe.

“Fotografi bukan sekedar persoalan ambil alat foto lantas dijepret, tapi bagaimana pemotret bisa melihat kondisi sosial dan mengabadikannya, lantas menjadikannya edukasi yang bernilai tinggi kepada masyarakat yang lain,” sebut Serang

Untuk itu, melalui lomba ini diharapkan bisa muncul pahlawan-pahlawan pembangunan Sangihe yang selama ini kurang ter-expose. “Lantas melalui edukasi visual, hal ini bisa menjadi penyokong moral masyarakat, bahwa pandemi COVID-19 tidak seharusnya menjadi penghalang masyarakat untuk melanjutkan pembangunan Sangihe lewat sektor-sektor kreatif lain yang tidak menyalahi aturan protap COVID-19,” kuncinya,”

Untuk lebih lengkapnya, demikian syarat dan ketentuan lomba yang wajib diperhatikan peserta :

Syarat dan Ketentuan Lomba Fotografi Diskominfo 2020

  1. Pendaftaran gratis dan terbuka untuk masyarakat umum, di Sangihe
  2. Objek foto masuk dalam genre fotografi “Human Interest” (Aktivitas Manusia)* dan “Street Photography” (Fotografi Jalanan)** di wilayah kabupaten Kepulauan Sangihe
  3. Foto adalah karya sendiri dan belum pernah memenangkan lomba sejenis
  4. Masing-masing peserta memasukan maksimal 2 foto
  5. Periode foto diambil pada tenggang 1 maret 2020 hingga 15 Desember 2020
  6. Hanya di perkenankan menggunakan kamera Ponsel (Android / IPhone / Kamera Smartphone Sejenis)
  7. Olah digital diperbolehkan sebatas koreksi warna, saturasi, cropping, dll. Tidak diperkenankan menambah / mengurangi objek di dalam foto asli dan menggabungkan foto (montase)
  8. Peserta membubuhkan caption semenarik mungkin, maksimal 60 kata, dan mencantumkan genre foto (Human Interest atau Street Photography), sebagai contoh ; “Nelayan Sangihe_Human Interest”
  9. Kesesuaian caption dan genre foto, menjadi salah satu nilai tambah
  10. Foto yang dikirimkan minimal berukuran 2 MB, dan tidak ada watermark
  11. Akun Instagram Peserta tidak terkunci / Private
  12. Peserta wajib menambahkan pertemanan akun facebook  @Dinas Komunikasi dan Informatika Daerah Kab. Kepl. Sangihe dan Diskominfo Sangihe ( https://web.facebook.com/diskominfo.sangihe.14 ) ketika mengunggah foto
  13. Foto diunggah di Facebook dengan tagar #Lomba_FotografiDiskominfo2020_(Nama Peserta)
  14. Panitia dan sponsor berhak menggunakan foto peserta lomba guna keperluan publikasi dengan mencantumkan nama fotografer
  15. Keputusan juri mutlak dan tidak dapat diganggu gugat
  16. Pemasukan Foto dan keperluan lainnya, dilakukan sejak tanggal 25 November 2020 hingga 15 Desember 2020, pukul 23.30 Wita.
  17. Pemenang diumumkan pada tanggal 21 Desember 2020
  18. Peserta yang mengikuti lomba dianggap menyetujui syarat diatas
  19. Dewan Juri : Audro Chrustofel Rompas, Bismo Agung, Unsur Pemkab Sangihe
  • Hadiah :
  • Untuk 20 besar pemenang lomba, akan menerima Sertifikat penghargaan / keikutsertaan dalam lomba.
  • Untuk peserta yang masuk 5 besar pemenang lomba, selain sertifikat yang dijelaskan pada poin 20, juga berkesempatan mengikuti kelas belajar secara virutal bersama Bismo Agung (Segala keperluan pembelajaran ditanggung Diskominfo Sangihe) dan turun praktek fotografi bersama Audro Rompas (Lokasi dan kendaraan disediakan panitia)
  • Untuk ketiga peserta terbaik, selain kedua bonus diatas, turut mendapatkan uang pembinaan, dengan rincian Rp. 2.000.000 bagi peringkat pertama, Rp. 1.500.000 pada peringkat kedua, dan Rp. 1.000.000 pada peringkat ketiga.

(Gr)

Ikuti Berita dan Informasi Terbaru dari Lintasutara.com di GOOGLE NEWS

Bagikan Artikel:

Artikel terkait

Terpopuler

BERITA TERKINI