Diterjang Gelombang Pasang, Puluhan Rumah di Kampung Kalama Rusak Berat

Sangihe, Lintasutara.com – Cuaca ekstrim yang melanda daerah perbatasan Kabupaten Kepulauan Sangihe beberapa hari terakhir ini, mengakibatkan bencana disebagian wilayah dengan 105 pulau ini.

Salah satu daerah yang terdampak cuaca ekstrim ini adalah Kampung Kalama Kecamatan Tatoareng, dimana gelombang pasang yang terjadi menghantam puluhan rumah warga dan fasilitas umum.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Rivo Pudihang ketika dihubungi Lintasutara.com, membenarkan bencana yang terjadi di Kampung Kalama karena gelombang pasang pada hari Minggu (18/10/2020) kemarin.

“Dapat kami laporkan telah terjadi bencana gelombang pasang setinggi 4 meter sehingga merusak pemukiman di Kampung Kalama Soa,” kata Pudihang, Senin (19/10/2020) di Tahuna.

lanjut dia, akibat hantaman gelombang pasang tersebut, puluhan rumah warga dan fasilitas umum rusak berat dan ringan serta sejumlah warga mengungsi.

“Adapun korban terdampak, yakni 10 unit rumah warga rusak berat, 1 unit rumah rusak ringan dan 1 fasilitas umum berupa gereja rusak berat serta 11 Kepala Keluarga (KK) mengungsi, namun tidak ada korban jiwa dalam musibah ini,” jelas Pudihang.

Dirinyapun menyebutkan jika pihaknya telah melakukan koordinasi dengan aparat setempat untuk penanganan korban.

“Sebagai langkah awal penanganan, kami telah berkoordinasi dengan aparat setempat untuk melakukan assesment baik jumlah korban maupun kebutuhan dasar yang sangat dibutuhkan, seperti bahan makan dan kebutuhan lainnya,” tuturnya

Namun, kata Pudihang pihaknya masih terkendala cuaca dalam menyalurkan bantuan karna letak geografis.

“Saat ini bantuan belum bisa disalurkan mengingat cuaca yang masih belum memungkinkan. Lokasi bencana berada di kepulauan, sehingga jika cuaca sudah memungkinkan, maka kami akan langsung mengujungi lokasi bencana sekaligus membawa bantuan yang dibutuhkan oleh para korban,” pungkas Pudihang.

(TS)

Ikuti Berita dan Informasi Terbaru dari Lintasutara.com di GOOGLE NEWS

Bagikan Artikel:

Artikel terkait

Terpopuler

BERITA TERKINI