Bawaslu Sangihe: Ada Temuan Pelanggaran di Video Wakil Bupati

Sangihe, LintasUtara.com – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kepulauan Sangihe akan memanggil Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Sangihe, Helmud Hontong terkait temuan video ajakan untuk mendukung salah satu calon di Pemilihan Gubernur Sulawesi Utara tahun 2020, yang beredar di media sosial.

Ketua Bawaslu Kabupaten Kepulauan Sangihe, Junaidi Bawenti, mengatakan, video tersebut menjadi temuan Bawaslu dan memenuhi unsur pelanggaran berdasarkan rapat pleno pimpinan.

“Kemudian kami lakukan rapat pembahasan bersama Gakkumdu Sangihe pun disepakati unsur pelanggaranya terhadap pasal yang disangkahkan kepada terduga,” ujar Bawenti, Rabu (30/9/2020).

Bawenti menambahkan kalau pihak Bawaslu bersama Gakkumdu akan melengkapi pemenuhan unsur lainnya, seperti keterangan ahli dan klarifikasi kepada beberapa pihak yang terhubung dengan video tersebut.

Dia berharap segala proses dapat berjalan dengan baik untuk kestabilan jalannya konstalasi politik. 

“Kami berharap pihak yang akan kami panggil akan koperatif sehingga proses ini cepat dapat diungkap secara hukum. Apapun endingnya dari kasus ini semata-mata adalah proses penegakan hukum, bukan yang lain, sehingga menimbulkan sesuatu yang diadukan antara lembaga dan kelompok tertentu. Kami Bawaslu dalam proses ini akan tegak lurus, tidak akan dapat diintervensi oleh siapapun,” tegas Bawenti.

Sementara itu, ketika dimintai keterangan Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Sangihe mengatakan dirinya akan menghadiri panggilan Bawaslu pada pukul 14.00 wita, Rabu (30/9/2020).

Hontong mengungkapkan bahwa yang dilakukannya lewat video tersebut jauh sebelum penetapan calon Gubernur dan Wakil Gubernur.

“Itu yang kita buat jauh sebelum penetapan, jadi sebelum penetapan, dan ada aturan itu bahwa itu melanggar kalau dia setelah penetapan kemudian kita mengajak untuk mendukung salah satu Paslon. Tetapi yang kita lakukan jauh sebelum penetapan calon,” kata Hontong.

Diketahui video Wakil Bupati Sangihe beredar luas di media sosial pada tanggal 18 September 2020. Dalam video yang berdurasi 1.3 menit itu, terlihat Wakil Bupati mengenakan jaket berwana merah.

Dimulai dari detik 00:42, Helmud Hontong mengajak warga masyarakat Sangihe untuk memberi dukungan kepada salah satu calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Utara.

(ls)

Ikuti Berita dan Informasi Terbaru dari Lintasutara.com di GOOGLE NEWS

Bagikan Artikel:

Artikel terkait

Terpopuler

BERITA TERKINI