Gebyar Merdeka Literasi Digital 2020 Sukses Digelar, Ini Para Juara Terpilih

Sangihe, LintasUtara.com – Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Daerah (DPKD) Kepulauan Sangihe, sukses menggelar 2 lomba videografi sekaligus, yakni Video Inovasi Pelayanan Publik; adaptasi kebiasaan baru lawan COVID-19, dan Lomba Vlog perorangan, dengan tema yang sama. 

Penjabat Sekda Sangihe Harry Wolf, ketika ditemui pasca gelaran grand final penilaian, Minggu (16/08/2020) menyatakan jika secara prinsip, kegiatan ini digelar untuk mendukung program pemerintah terkait percepatan penanganan COVID-19.

“Namun demikian, dengan kondisi yang ada sekarang, ada banyak hal yang perlu diekspos. Makanya, kita bisa sekalian ‘numpang’ informasi pelayanan publik di Sangihe, atau bahkan sektor lain seperti pariwisata alam yang bisa terjual lewat videografi,” ungkap Wolf. 

Ia pun berharap, melalui giat ‘minim dana’ yang dianggapnya sebagai langkah awal inovasi kreatif DPKD ini, ada hal-hal positif lain yang bisa turut lahir dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang lain.

“Ini baru satu langkah. Namun sudah menggambarkan bagaimana harusnya OPD keluar dari keterbatasan yang Pemkab alami hari ini, terkait anggaran. Hal-hal ‘setengah gila’ seperti inilah yang kita butuhkan, bukan rasa pesimisme yang membuat OPD menjadi pasif dalam berkreasi,” kuncinya.

Ditempat yang sama, Kepala DPKD Johanis Pilat menyatakan dari hasil penilaian, semua tim sudah bisa mempertunjukan kualitas video, dengan penyampaian informasi yang mumpuni.

“Ada 42 tim yang mendaftar. Dikategori Video Inovasi ada 11 Lembaga, dari Pemerintah, BUMN, bahkan kelompok Masyarakat. Sedangkan untuk Vlog, ada 23 peserta,” sebut Pilat.

Dijelaskannya, konsep penilaian sudah dimulai dari pemilihan nominator, dengan 6 video terpilih dimasing-masing kategori pada pekan lalu. Dari hasil penilaian kembali, akhirnya juara bisa ditetapkan dengan format perangkingan 1 hingga 3, plus satu juara favorit pilihan masyarakat. 

Dari hasil penilaian, dirinya membeberkan jika pada sektor video inovasi, juara utama diraih Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Tahuna, SMP N 1 Tahuna di peringkat kedua, dan Peringkat ketiga diraih SDN 1 Tahuna, sedangkan juara favorit diraih RSUD Liun Kendage Tahuna.

Sementara di sektor vlog, nomor wahid diraih Arthur Abraham, Isabela Metusala di posisi kedua, dan Merari Manumpil di tempat ketiga. Sedangkan juara favorit vlog ditempati oleh Rengga Mambu.

“Hasil ini, bakal menjadi pengalaman yang sangat menarik bagi para kreator Multimedia di Sangihe. Kami berharap, untuk edisi Gebyar Merdeka Literasi Digital selanjutnya, teknisnya akan lebih matang, baik kami sebagai penyelenggara maupun peserta, agar literasi digital Sangihe bisa terus ditingkatkan,” kunci Pilat. (GK)

Ikuti Berita dan Informasi Terbaru dari Lintasutara.com di GOOGLE NEWS

Bagikan Artikel:

Artikel terkait

Terpopuler

BERITA TERKINI