Ketua Umum IKISST Prof. Dr. Orbanus Naharia MSi Kenang Kembali Sosok Mendiang Helmud Hontong

Sangihe, Lintasutara.com – Sudah lebih dari sebulan lamanya semenjak kepergian Wakil Bupati Kepulauan Sangihe Helmud Hontong. Salah satu Putra terbaik Nusa Utara (Sangihe, Sitaro, Talaud) yang akrab disapa ‘Embo Helmud’ ini meninggal dunia pada Rabu (9/6/2021) saat penerbangan dari Bali menuju ke Sulawesi Utara.

Ketika mendengar kabar meninggalnya Helmud, masyarakat Nusa Utara pun dirundung duka yang mendalam sebab pada masa kepemimpinannya bersama Bupati Jabes Ezar Gaghana, Embo Helmud dikenal sebagai pemimpin yang dekat dengan rakyatnya.

Dalam perbincangan dengan awak media ini, Ketua Umum Ikatan Kekeluargaan Indonesia Sangihe Sitaro dan Talaud (IKISST) Prof. Dr Orbanus Naharia M. Si kembali mengangkat sosok Helmud Hontong.

Prof Orbanus mengenang, Embo Helmud adalah sosok pemimpin yang memiliki kepekaan sosial yang tinggi.

“Embo Helmud (sapaan akrab Helmud Hontong) adalah orang yang baik dan memiliki kepekaaan sosial yang tinggi, sederhana dan akomodatif, ” ungkap Prof Orbanus.

Almarhum, lanjutnya, mudah berkomunikasi dengan siapapun serta mendengar pendapat orang lain, terutama sangat akomodatif saat ditemui warganya. Sehingga, Embo Helmud berani memperjuangkan hak-hak asasi orang Nusa Utara.

“Boleh dikatakan pahlawan, pejuang hak-hak asasi orang nusa utara sehingga memang secara pribadi kita dari IKISST dan masyarakat Nusa Utara masih merasa kehilangan atas kepergian Embo Helmud,” ungkap Ketua Umum IKISST, organisasi yang menaungi masyarakat Nusa Utara di Indonesia ini.

Wakil Bupati Sangihe (Alm) Helmud Hontong (Foto: Ist).

Bahkan, ‘sentuhan’ merakyat dari Embo Helmud, kenang Prof Orbanus, dapat dilihat saat rakyat kecil mengalami musibah atau kemalangan, Embo Helmud bisa hadir bersama mereka. Sehingga tidak heran, masyarakat tumpah ruah menghadiri pemakaman almarhum.

Baca Juga: Kapolda Sulut Ungkap Kematian Wabup Helmud Hontong Karena Penyakit Menahun

“Dia menyampaikan apa adanya. Menurut saya salah satu adalah berbahagialah masyarakat Sangihe yang pernah dipimpin oleh seorang Embo Helmud. Dia merakyat sekali. Kalau ada warga yang meninggal, masih di Rumah Sakit dia sudah datang. Kalau ada yang tidak mampu beli peti dan jas, dia sanggupi sediakan. Nilai-nilai sosial dan humanity ada pada embo helmud.” kata Pembantu Rektor Bidang I Unima ini.

Oleh karena itu, Prof Orbanus mengajak masyarakat Nusa Utara untuk tidak melupakan jasa Embo Helmud serta meneladani kesederhanaannya dalam setiap tugas kerja dan aktivitas sehari-hari untuk membangun Nusa Utara.

“Yang perlu ditiru dari Embo Helmud adalah kesederhanaannya. Ada kalanya apa yang dia tampilkan seperti bukan seorang Wakil Bupati. Itu yang perlu mendapatkan apresiasi dari masyarakat, dan masyarakat Nusa Utara tahu akan hal itu.

“Mari kita teladani kerja almarhum dan melanjutkan cita-cita bersama membangun Nusa utara, lebih khusus Sangihe,” tutup Prof. Orbanus.

(am)

Ikuti Berita dan Informasi Terbaru dari Lintasutara.com di GOOGLE NEWS

Bagikan Artikel:

Artikel terkait

Terpopuler

BERITA TERKINI