Danlamal Melonguane Bersama Pemerintah Kabupaten Kepulauan Talaud Meresmikan Kampung Bahari Nusantara

Talaud, lintasutara.com – Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Melonguane Letkol Mar Adi Sucipto, S.T ,M.Tr.Hanla bersama Pemerintah Kabupaten Kepulauan Talaud meresmikan Kampung Bahari Nusantara (KBN) di Desa Alo dan Desa Alo Utara, Kecamatan Rainis, Sabtu (12/6/2021).

Peresmian ini ditandai dengan penekanan tombol sirene oleh Komandan Lanal didampingi Pemerintah, jajaran Forkompimda.

Hadir pada kesempatan tersebut Bupati Kepulauan Talaud dr. Elly Engelbert Lasut, ME bersama sejumlah pejabat di lingkup Pemda, pemerintah kecamatan, pemerintah kedua desa dan masyarakat serta tamu terundang lainnya.

Danlanal Melonguane menyampaikan, sesuai perintah Kepala Staf Angkatan Laut, Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., bahwa setiap Pangkalan TNI Angkatan Laut harus memiliki desa binaan dan pembentukan Kampung Bahari Nusantara (KBN). Artinya ini merupakan program nasional TNI AL yang wajib dilaksanakan semua pangkalan TNI AL di seluruh Indonesia.

“Peresmian ini menjadi awal kebangkitan budaya bahari, ekonomi bahari di kabupaten Kepulauan Talaud. Saya berharap suatu saat Kabupaten Kepulauan Talaud, terutama desa Alo dan Alo Utara ini dapat menjadi pilot project atau percontohan dalam lima hal,” ujar Perwira menengah asal Korps Marinir ini.

Danlanal Melonguane Letkol Mar Adi Sucipto, S.T ,M.Tr.Hanla memberikan sambutan dalam acara peresmian Kampung Bahari Nusantara (KBN), Kecamatan Rainis, Talaud.

Kelima hal utama atau klaster yang menjadi prioritas kegiatan KBN yakni Pembangunan Ekonomi Berbasis Ekonomi Bahari atau Maritim, Edukasi SDM  dalam mengelola sumber daya alam yang ada dengan baik, aspek kesehatan lewat vaksinasi Covid -19 dan giat lainnya bekerja sama dengan instansi terkait, pembangunan kepariwisataan bahari yang bisa memberikan income kepada masyarakat dan daerah lewat kegiatan transplantasi terumbu karang dipadukan dengan pembuatan rumah cumi, dan yang terakhir adalah aspek pertahanan.

“Untuk aspek pertahanan. Dalam rangka menghadapi ancama militer sebagaimana kita ketahui TNI merupakan komponen utama sedangkan masyarakat diarahkan menjadi komponen pendukung maupun komponen cadangan, ” tambahnya.

Tak lupa pula pemegang tongkat Komando Prajurit Matra Laut di Beranda Utara NKRI ini menyampaikan reward dan apresasi atas dukungan dari semua pihak dalam mensukseskan kegiatan ini.

Bupati Kepulauan Talaud dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada Danlanal Melonguane yang telah memantau mengevaluasi meneliti kampung-kampung yang dianggap layak kemudian diusulkan menjadi Kampung Bahari.

Bupati Kepulauan Talaud dr. Elly Lasut, ME dalam sambutannya saat peresmian Kampung Bahari Nusantara (KBN), memberikan apresiasi kepada Danlanal Melonguane yang telah mengevaluasi dan mengusulkan kampung-kampung yang layak di Kepulauan Talaud menjadi Kampung Bahari Nusantara.

Menurutnya, ini merupakan suatu program dan hal yang besar yang telah dilakukan oleh Danlanal Melonguane dan wujud sumbangsih dari Danlanal Melonguane bersama jajarannya bagi pembangunan di Kabupaten Kepulauan Talaud.

“Dengan ditetapkannya Sebagai Kampung Bahari Masyarakat Desa Alo dan Alo Utara menjadi contoh bagi warga di kabupaten kepulauan Talaud dengan menjaga kelestarian kekayaan laut. Terima kasih manambo nambo ( Terima kasih banyak-red) kepada Pak Danlanal dan jajaran, “ucap Lasut.

Acara dilanjutkan dengan berbagai kegiatan termasuk atraksi. (Ryan Maariwuth)

Ikuti Berita dan Informasi Terbaru dari Lintasutara.com di GOOGLE NEWS

Bagikan Artikel:

Artikel terkait

Terpopuler

BERITA TERKINI