Unima Jadi Penyelenggara ACEC 2021, Ini Pesan Rektor

Minahasa, Lintasutara.com – Universitas Negeri Manado (Unima) menjadi salah satu penyelenggara Annual Civic Education Conference (ACEC) 2021, bersama dengan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) dan Asosiasi Profesi Pendidikan Pancasila dan Kewarganeraan se-Indonesia (AP3KnI).

ACEC adalah konferensi seluruh jurusan dan program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) se-Indonesia, dan ini adalah kali ketiga dilaksanakan sejak tahun 2019.

Dengan mengangkat tema “Civic Education in Pandemic Covid-19: Challenges and Responses”, kegiatan tersebut menghadirkan beberapa pakar sebagai pembicara tamu, diantaranya: Prof. Kerry J. Kennedy, Prof Dr. Sjamsi Pasandaran, M.Pd. Prof. Dr. Cecep Darmawan, Prof. Gamal Abdul Nasir Zakaria,  Noor Banu Mahadir, Ph.D. and Yudi Latief MA, Ph.D.

Rektor Unima Prof. Dr. Deitje A. Katuuk. M.Pd, dalam sambutannya saat Pembukaan kegiatan tersebut, Senin (31/5/2021), mengatakan pandemic Covid-19 telah membawa perubahan dan dampak yang sangat luas dan mendalam dalam seluruh tatanan kehidupan umat manusia, terutama pada bidang Pendidikan, Sosial Budaya, dan Ekonomi.

“Banyak anak-anak yang kehilangan kesempatan untuk memperoleh pendidikan yang bermutu. Laporan Unesco menunjukkan bahwa pada tahun 2020 tercatat 62 juta pelajar di seluruh dunia terpengaruh Covid-19, ungkap Prof Dei, sapaan akrab rektor.

Prof Dei melanjutkan, dalam kehidupan Sosial Budaya, masyarakat diwajibkan menjaga sosial distancing sehingga terjadi perubahan sikap, pola dan perilaku sosial masyarakat.

Sementara dalam bidang ekonomi, Pandemic Covid-19 telah mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan ekonomi masyarakat dan bangsa sedangkan ekonomi masih belum sepenuhnya pulih.

Dirinyapun mengharapkan perhelatan ACEC ini dapat menghasilkan pemikiran-pemikiran kreatif dan inovatif serta dapat mengkaji ulang relevansi dan aktualitas  teori-teori yang ada, diperhadapkan pada situasi-situasi baru, dan situasi-situasi luar biasa yang telah terjadi dalam dua tahun terakhir.

“Kami percaya, melalui konferensi ini akan dapat dihasilkan solusi-sulusi terbaik sebagai respons bersama,” ujarnya.

“Terima kasih atas kepercayaan kepada Unima untuk menjadi pelaksana ACEC ke-3 tahun 2021,” tutup Prof Dei.

(am)

Ikuti Berita dan Informasi Terbaru dari Lintasutara.com di GOOGLE NEWS

Bagikan Artikel:

Artikel terkait

Terpopuler

BERITA TERKINI