Gaghana Hadiri Rapat Evaluasi Dan Penyampaian Hasil Akhir Pengawasan Pilgub Cawagub 2020

Sangihe, Lintasutara.com – Bupati Kabupaten Kepulauan Sangihe Jabes Ezar Gaghana menghadiri rapat evaluasi dan penyampaian hasil akhir pengawasan Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur tahun 2020, Senin (17/05/2021).

Dalam gelaran di Gedung Mapalus Kantor Gubernur Sulut tersebut, Komisioner Bawaslu Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) melalui Ketua Bawaslu Sulut Erwin Malonda menyampaikan laporan hasil akhir Pengawasan Pilkada dihadapan Gubernur Olly Dondokambey, Wakil Gubernur Steven Kandouw, Ketua DPRD Sulut Andi Silangen, Forkopimda Sulut, serta para Bupati dan Walikota se Sulut.

“Hal ini merupakan tanggung jawab kami sebagai Komisioner Bawaslu terhadap pengawasan tahapan penyelenggaraan Pemilukada Gubernur dan Wakil Gubernur serta Pertanggungan jawaban Anggaran yang digunakan Bawaslu berdasarkan amanat UU Pemilu setiap Ahkir penyelenggaraan Pilkada,” sebut Ketua Bawaslu Erwin Malonda.

Hal inipun diapresiasi Dondokambey. Politisi PDIP yang sukses memenangkan posisi Sulut 01 pada pesta demokrasi pilgub Sulut bulan Desember 2020 lalu ini, menilai jika kinerja Bawaslu Sulut dalam pengawasan terhadap setiap tahapan penyelenggaraan Pemilukada oleh Komisi Pemilihan Umum Provinsi Sulawesi Utara dapat diawasi dengan baik sehingga Pemilukada Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut Sukses.

Memang pelanggaran Pilkada banyak di temui baik yang dilakukan Penyelenggara Pilkada di tingkat PPS, PPK, KPU Kabupaten dan atau Kota, KPU Provinsi maupun Tim Sukses pasangan Calon dan Partai Pengusung Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur. Namun, dengan sinergitas antara KPU dengan Bawaslu dan Partai Politik pengusung Cagub-Cawagub, permasahannya di temui dapat diselesaikan di tingkat Bawaslu Provinsi Sulut,” kuncinya.

Rapat evaluasi Bawaslu Sulut diakhiri dengan penyerahan piagam penghargaan masing-masing kepada Ketua DPRD Sulut, Kapolda, Pangdam XIII Merdeka, Danlantamal VIII, Danrem 131Santiago, Danlanustri, Kepala Bin, Kejati Sulut yang dianggap telah turut mensukseskan pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut tahun 2020.

(Gr)

Ikuti Berita dan Informasi Terbaru dari Lintasutara.com di GOOGLE NEWS

Bagikan Artikel:

Artikel terkait

Terpopuler

BERITA TERKINI