Ini Siswa-siswi Finalis Grand Final Baca Puisi GBS 2020 Sangihe

Sangihe, LintasUtara.com – Gebyar Bahasa dan Sastra (GBS) 2020 terus berproses. Pada cabang baca puisi tingkat SD, dari sekira 35 siswa-siswi yang mendaftarkan diri sejak tanggal 05 Oktober lalu, kini menyisahkan nominasi yang akan kembali unjuk gigi pada live performance ditanggal 28 Oktober 2020.

Ketua Tim Penilai, Fajar Gultom menyebutkan jika dalam penjurian yang dilakukan secara virtual ini, maka dihasilkan 10 nama peserta yang masuk nominasi.

“Adapun nama-nama yang masuk nominasi, yakni :

  1. Angel M. Nowin asal SDN Inpres Mantelagheng,
  2. Fauzan Awunbas asal SDN Inpres Kalurae,
  3. Kartika P. mamile asal SDN Inpres Pempalaraeng,
  4. Anugra T. Pilat asal SDN Inpres Karatung,
  5. Claudia M. Hariwan asal SDN Inpres Petra Manganitu,
  6. Krisna Kolopita asal SDN Inpres Lelepu,
  7. Stelivia Kasiaheng asal SDN Inpres Petra Nagha,
  8. Cherry Sarite asal SDN Khatolik Tahuna,
  9. Clarisa Ruaten asal SDN Impres Tona, dan
  10. Naylla Abusaeng asal SDN 3 tidore,
    beber Gultom kepada awak media, Selasa (20/10/2020).

Dirinya pun meminta agar peserta yang masuk nominasi, dapat segera bersiap menghadapi persaingan secara langsung diatas panggung BPU nanti.

“Jelas akan berbeda lomba secara virtual, yang hanya ditonton orang dekat, dan lomba secara live performance, karna peserta harus berhadapan langsung deng tim juri dan penonton lain. Untuk itu, persiapan harus dilakukan sedini mungkin,” kunci seniman brewok ini.

Terpisah, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (DPKD) Johanis EH Pilat menyatakan bahwa dalam menggali, serta mendorong literasi bahasa khususnya sastra, DPKD Sangihe bakal terus berupaya agar giat seperti ini akan terus dibumikan untuk mencetak seniman-seniman muda Sangieh.

“Meski ditengah pandemi Covid 19, Dinas Perpustakaan dan kearsipan tetap melalukan terobosan dalam kaitannya dengan literasi bahasa. Kami juga tetap teguh dengan berbagai kegiatan yang digelar, dengan catatan harus sesuai dengan protap Covid 19,” jelas Pilat, sembari menambahkan jika sebagai bukti keseriusan DPKD, dalam upaya peningkatan budaya literasi, bukan cuma cabang lomba baca puisi tingkat SD yang digelar, tapi juga ada Cipta puisi tingkat SMP dan menulis esai dilevel umum.

“Untuk cipta puisi, penjaringan bakal nominasinya akan dilaksanakan penjurian pada Rabu (21/10/2020). Dan pada hari yang sama, kami baru masuk pada penutupan pemasukan berkas lomba menulis esai,” kunci J.E. Pilat.

(Gr)

Ikuti Berita dan Informasi Terbaru dari Lintasutara.com di GOOGLE NEWS

Bagikan Artikel:

Artikel terkait

Terpopuler

BERITA TERKINI