Inovasi Pelayanan Publik di Masa Pandemi, Kantor Imigrasi Tahuna Sosialisasikan Eazy Passport

Sangihe, LintasUtara.com – Kantor Imigrasi (Kanim) Kelas II Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Tahuna terus mensosialisasikan program inovatif terbaru Eazy Passport.

Kali ini, Rabu (14/10/2020), sosialisasi dilaksanakan di Sangihe Mansion, jalan Malahasa, Kecamatan Tahuna, dengan menghadirkan sejumlah perwakilan instansi, baik pemerintahan daerah, swasta, hingga BUMN.

Dalam laporan kegiatan, Ketua Panitia Sosialisasi Boyke Panggabean, SH menyebutkan, dengan perkembangan teknologi terkini, sektor pelayanan publik sudah tentu bakal turut berbenah, dengan melahirkan program layanan online.

“Pun demikian dengan pihak keimigrasian yang merespon cepat perkembangan tersebut, terutama di masa pandemi COVID-19, yang membatasi ruang gerak masyarakat hari ini. Inovasi dilakukan oleh pihak Ditjen Imigrasi, termasuk layanan Eazy Passport ini,” sebut Panggabean.

Kemudahan yang ditawarkan, lanjutnya, yakni terletak pada fleksibilitas layanan yang dilakukan Kanim Tahuna yang bakal jemput bola.

“Dengan kebijakan jemput bola ini, pemohon passport tidak perlu lagi datang ke Kanim Tahuna untuk pengurusannya, kami yang akan datang ke lokasi pemohon, bahkan hingga pengantaran Passport melalui program Passport Delivery,” jelas dia lagi.

Sementara itu, Kepala Kanim Kelas II TPI Tahuna, James S. J. Sembel dalam sambutannya menyebutkan jika peningkatan pelayanan passport, dan juga dengan inovasi-inovasi dari pihak Keimigrasian Pusat, dilakukan untuk mensinergikan diri dalam metode layanan publik di tengah tatanan new normal. 

“Ditjen Imigrasi mengambil sebuah langkah progresif dalam peningkatan jumlah untuk penerbitan passport dalam rangka peningkatan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP). Oleh karena itu, diperlukan sebuah layanan yang tentunya memudahkan masyarakat untuk pembuatan passport yang bersifat langsung kepada masyarakat, namun aman dan sesuai dengan protap COVID-19,” jelas Sembel.

Hal inipun mendapat apresiasi peserta, salah satunya datang dari utusan Dinas Komunikasi dan Informatika Daerah (Diskominfoda) Kabupaten Kepulauan Sangihe, selaku Kepala Bidang (Kabid) Sumber Daya Komunikasi, Athia Kirana Taidi, S.STP.

“Kami merasa sangat jelas tentang layanan Eazy Passport ini. Dalam kondisi terkini, imbas pandemi COVID-19, kita selalu berusaha semaksimal mungkin untuk menghindari kontak langsung. Jadi, melihat penjelasan dari narasumber tadi, selain dimudahkan proses pembuatan passportnya, protap Covidnya juga diterapkan,” ungkap Taidi, sembari berharap agar program ini akan terus berlangsung karena benar-benar memudahkan masyarakat. 

(Gr)

Ikuti Berita dan Informasi Terbaru dari Lintasutara.com di GOOGLE NEWS

Bagikan Artikel:

Artikel terkait

Terpopuler

BERITA TERKINI