Masalah Kesehatan, PM Jepang Shinzo Abe Putuskan Mengundurkan Diri

Global, LintasUtara.com – Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe resmi mengundurkan diri jabatannya sebagai Perdana Menteri Jepang pada Jumat (28/08/2020).

“Saya memutuskan mengundurkan diri dari jabatan saya sebagai Perdana Menteri,” kata Abe melansir BBC.

“Saya meminta maaf kepada masyarakat Jepang,” sambungnya.

Abe pun tidak menampik kalau pengunduran dirinya ini dikarenakan kesehatannya yang semakin memburuk.

Ia menderita ulcerative colitis atau radang usus dan sudah dua kali mengunjungi rumah sakit dalam sepekan terakhir.

Abe mengatakan tidak ingin melakukan kesalahan dalam kebijakan penting karena faktor kesehatannya, terutama negara sakura tersebut tengah menghadapi pandemi COVID-19.

“Saya tidak yakin kalau saya bisa menjaga kepercayaan publik (Jepang, red) dengan kondisi kesehatan saya yang sedang buruk”, ujarnya dikutip dari Bloomberg.

Setelah menyatakan pengunduran dirinya, Abe masih akan tetap melaksanakan tugasnya sebagai Perdana Menteri sampai Perdana Menteri yang baru resmi ditunjuk.

Shinzo Abe adalah Perdana Menteri terlama Jepang. Selama menjabat, Abe melalui paket “Abenomics” tercatat berhasil memperkuat ekonomi Jepang, menambah jumlah lapangan kerja dan membawa Jepang keluar dari deflasi.

Selain itu, di masa kepemimpinanya sebagai Perdana Menteri, Jepang berhasil memperkuat militernya dan aliansi militer dengan Amerika Serikat dan bahkan mempererat kerja sama dengan China.

Ikuti Berita dan Informasi Terbaru dari Lintasutara.com di GOOGLE NEWS

Bagikan Artikel:

Artikel terkait

Terpopuler

BERITA TERKINI