Temui Kepala Perpusnas, Bupati Paparkan Transformasi Perpustakaan di Sangihe

Sangihe, Lintasutara.com – Bupati Kepulauan Sangihe Jabes Ezar Gaghana mengunjungi kantor Perpustakaan Nasional (Perpusnas) Republik Indonesia, jalan Merdeka Selatan Jakarta Pusat, Rabu (01/09/2021), didampingi Kepala Dinas (Kadis) Perpustakaan Daerah Kepulauan Sangihe Johanis Pilat dan Kepala Bagian (Kabag) Protokol dan Komunikasi Pimpinan Threenov Toufanus Ponto, untuk menemui Kepala Perpusnas Muhammad Syarif Bando.

Ada sejumlah hal yang disampaikan orang nomor satu Tampungang Lawo ini kepada Kepala Perpusnas, antara lain keberadaan Dinas Perpustakaan dan Kearsiapan Daerah Sangihe yang mengalami transformasi dari gedung tua menjadi gedung bernilai artistik ditangan seniman-seniman muda Sangihe.

Pemaparan Transformasi Perpustakaan di Sangihe Oleh Bupati Kepulauan Sangihe Jabes Ezar Gaghana. (Foto : Ist)

Perubahan fungsi Perpustakaan yang berbasis inklusi sosial ; dengan memberikan ruang ekspresi bagi para seniman inipun disampaikan karna telah berdampak positif dengan melahirkan sejumlah agenda yang mengubah gambaran Perpustakaan Daerah dari sekadar bangunan kaku sepi peminat menjadi pusat ide serta gagasan dalam dunia seni dan literasi dengan daya tariknya sendiri. Hal inipun dapat dilihat dari meningkatnya jumlah pengunjung di Galeri Seni, yang pastinya turut berdampak pada minat baca masyarakat.

Untuk memaksimalkan fungsi layanan tersebut, Bupati Jabes menyampaikan harapannya kepada Kepala Perpusnas yang saat itu didampingi Deputi Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan Deni Kurniadi, Kepala Pusat Pengembangan Perpustakaan Umum dan Khusus Upriyadi, serta Direktur Direktorat Deposit Emiyati, agar Sangihe mendapatkan pembangunan gedung layanan perpustakaan yang baru, tentu tampa mengabaikan gedung yang lama.

Bupati Jabes Ezar Gaghana Bersama Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Johanis Pilat Diskusi Bersama Pimpinan Perpusnas. (Foto : Ist)

“Pembangunan gedung baru itu memang dimaksudkan untuk memaksimalkan fungsi gedung lama yang tidak lagi memadai. Pasalnya, gedung yang dulu dikenal dengan Balai Pertemuan Umum (BPU) ini belakangan mulai digandrungi masyarakat lagi dengan beragam kegiatan kreatif dibidang seni dan literasi,” Ungkap Kabag Prokopi Toufan Pontoh melalui Kasubag Komunikasi Pimpinan Maya Budiman.

Upaya yang digalang Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Sangihe dalam mengakomodir minat masyarakat dibidang seni dan literasi inipun mendapatkan sambutan hangat Kepala Perpusnas, karena dinilai berhasil mengimplementasikan berbagai inovasi untuk mendorong minat baca ; guna peningkatan indeks literasi masyarakat.

Kepala Perpusnas Menyerahkan Cinderamata Kepada Pemkab Sangihe. (Foto : Ist)

“Ini harus dikembangkan. Kami akan memperjuangkan usulan pembangunan gedung layanan perpustakaan ini yang anggarannya difasilitasi oleh Perpustakaan Nasional RI melalui alokasi DAK fisik sub bidang perpustakaan Tahun Anggaran 2022, dimana yang baru mendapatkan persetujuan dalam alokasi DAK tersebut sebesar 300 juta untuk penanganan TIKnya,” sebut Kepala Perpusnas.

Dijelaskannya, hal yang mempengaruhi komponen penilaian alokasi anggaran DAK Gedung Perpustakaan baru adalah karena masih terintegrasi di atas lahan gedung yang lama.

Namun dengan adanya proposal dan penjelasan langsung dari Bupati dan Kepala Dinas Perpustakaan terkait luasan tanah yang cukup memenuhi kriteria, ditunjang dengan lokasi pada kawasan strategis dalam berbagai pergembangan literasi masyarakat, maka dinilai permohonan pembangunan gedung ini layak untuk dipenuhi.

Bupati Jabes Ezar Gaghana Bersama Pimpinan Perpusnas. (Foto : Ist)

Apalagi lanjut dia, Sangihe masuk sebagai salah satu dari empat daerah perbatasan yang menjadi prioritas pembangunan Perpustakaan. Sehingga, jika tidak terealisasi di tahun 2022 berarti bisa direalisasikan pada Tahun anggaran 2023.

“Namun, untuk tahun 2022 kami akan merealisasikan penambahan 1 armada kendaraan roda empat untuk layanan Perpustakaan,” Pungkasnya.

Diketahui, pada kesempatan tersebut Bupati Kepulauan Sangihe melalui Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah juga mengutarakan harapannya terkait kehadiran Kepala Perpusnas RI dalam event Sangihe Writers and Readers Festival ( SWRF ) 2021 yang agenda puncaknya akan digelar pada tanggal 21-23 Oktober 2021,

“Kepala Perpusnas RI merespon dengan antusias akan pelaksanaan event ini dan mengatakan jika tidak ada halangan beliau akan menjadwalkan kedatangan ke Sangihe dlm waktu tersebut,” Tutup Budiman.

(Advetorial)

Ikuti Berita dan Informasi Terbaru dari Lintasutara.com di GOOGLE NEWS

Bagikan Artikel:

Artikel terkait

Terpopuler

BERITA TERKINI