Tutup GBBS dan GSP 2020, Gaghana Serahkan Puluhan Hadiah Bagi Pemenang

Sangihe, Lintasutara.com – Pada oktober bulan lalu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Sangihe sukses dengan agenda marathonnya, mulai dari gebyar bulan bahasa dan sastra (GBBS), hingga gebyar sumpah pemuda (GSP).

Hari ini, Kamis (12/11/2020), Pemkab sangihe akhirnya menggelar acara puncak penyerahan hadiah kepada puluhan pemenang dari tingkat Pendidikan anak usia dini (Paud) hingga umum.

Kegiatan diawali dengan laporan yang secara bergilir dibawakan tiga pimpinan OPD, masing-masing Wandu Labesi Kepala Dinas (Kadis) Pemuda dan Olahraga Daerah, Johanis Pilat Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Daerah, serta Sony Kapal selaku Plt. Kadis Koperasi dan UMKM. Memulai penyampaian laporan pelaksanaan kegiatan, Labesi menyebutkan jika ketiga kegiatan dilaksanakan dalam rangkaian kegiatan bertema besar bersatu bangkit.

“Even ini adalah gagasan pak Bupati sebagai bentuk perhatian akan kaum milenial di kabupaten kepulauan Sangihe, sekaligus mengajak para milenial agar dapat berpartisipasi dalam pembangunan, sebagai anak bangsa yang berkarakter lewat kreatifitas, inovasi dan prestasi,” ujar Labesi yang mendapat giliran pertama membacakan laporan kegiatan.

Lanjut dia, kegiatan yang sudah dilangsungkan sepanjang bulan oktober tersebut, seyogianya diadakan sebagai terobosan terbaru, dalam mengayomi pembangunan dengan memaksimalkan peran generasi muda, dalam posisi mereka sebagai tulang punggung bangsa.

“Sebut saja E-Sport yang saat ini selain digandrungi kaum milenial, tapi sudah menjadi ajang besar yang menuntut profesionalisme menuju prestasi. Hal ini tentu perlu didorong bersama. Dan sebagai instansi teknis, adalah tugas kami untuk mengejawantahkan kerinduan Bupati terkait hal ini,” tandas dia.

Senada, Johanis Pilat Kadis Perpustakaan turut menyampaikan jika pada dasarnya sudah ada instruksi dari Bupati, untuk menjaga konsistensi geliat kreatif kaum muda, yang sangat diharapkan menjadi tonggak pembangunan kabupaten teras utara NKRI ini.

“Makanya kegiatan-kegiatan seperti ini, akan terus disupport, baik diranah olahraga, literasi, maupun UMKM yang nantinya sangat diharapkan menjadi mitra pemerintah dalam mengembangkan Sangihe dari sektor-sektor inovasi kreatif,” kunci dia.

Sementara itu, Bupati Kepulauan Sangihe Jabes Ezar Gaghana, mengapresiasi ketiga OPD yang telah menjadi agen penyelenggara yang dinilainya sudah mampu mengoptimalkan peran pemerintah, menjangkau kaum muda Sangihe untuk berpartisipasi aktif dalam warna-warni perkembangan bumi Tampungang Lawo.

“Ada catatan yang sangat menarik dalam pelaksanaan GBS 2020, dimana kota Tahuna tidak lagi mendominasi lomba. Ini adalah bukti pemerataan pendidikan, bahwa wilayah-wilayah diluar pusat kota juga mulai mengembangkan prestasinya. Selain itu, dalam final GBS, ada dialog terbuka yang mampu memberikan sumbangsi pemikiran yang mendorong kami pemerintah untuk bekerja lebih keras dalam menjaga bahasa Sangihe melalui banyak sektor. Dan masukan-masukan ini yang akan kami genjot, sebagai amanah masyarakat,” ujar Gaghana.

Selain itu, dirinyapun menyentil semangat kaum milenial dibidang E-Sport yang begitu tinggi, terbukti dengan animo yang telah tim-tim tunjukan, pun banyak tim yang belum terakomodir imbas batas waktu yang ditentukan.

“Kita harus dan akan menyiapkan sarana yang memadai, untuk penyaluran bakat para milenial ini. Dan untuk semangat adik-adik yang sangat membanggakan ini, maka Pemkab Sangihe mengambil keputusan agar turnamen ini akan digelar lagi, dengan tema Christmas E-Sport, dengan panitia yang sama,” ujar Bupati, sembari berharap pada kegiatan-kegiatan lanjutan dimaksud, baik panitia maupun tim-tim yang mendaftar bakal punya kesiapan yang lebih matang dalam konteks menuju profesionalisme.

“Sebagai pemerintah dan orang tua, kami berharap adik-adik mampu berkreasi dan menyiapkan segala sesuatunya lebih mantap lagi, dan meski ini tahun pertama agenda-agenda ini dilaksanakan, tapi kita punya persepsi yang sama, bahwa Sangihe harus terus berkembang dari semua sektor,” kunci Bupati, sesudah menyerahkan penghargaan, berupa piala, sertifikat dan uang pembinaan, baik bagi peserta GBS, GSP, maupun UMKM, melalui dana-dana sponsorship yang turut terlibat dalam mensukseskan kegiatan-kegiatan tersebut.

Adapun daftar pemenang GBBS – GSP 2020, yakni :

Lomba Fun bike sumpah pemuda
a. Kategori Perempuan dan Pelajar

  1. Erni Tampi

b. Pria Dewasa

  1. Evander Kansil

Lomba E-Sport Bupati Cup

Mobile Legend

  1. Sangihe Explorer Buffalo
  2. Glorius Wolf
  3. Absit Omen
  4. Barawo Team Akatsuki
    MVP Player : Hazrin Zerat

PUBG

  1. Menara Optimistik
  2. Beginers Celcius
  3. Faktor X
    Terminator Player : Raka Pangandaheng

Gebyar Sumpah Pemuda 2020

a. Mewarnai Kategori TK/Paud

  1. Briliani Lumiu
  2. Ester Rakinaung
  3. Mallory Mangantibe

b. Mewarnai Kategori SD Kelas 1-3

  1. Rhilovly Lahaghari
  2. Senandung Nacita Saselah
  3. Socrates Imanuel Saselah

c. Mewarnai Kategori SD Kelas 4-6

  1. Shalsia Lumiu
  2. Anrival Mandik
  3. Naysila Sumule

Gebyar Bulan Bahasa dan Sastra 2020

a. Baca Puisi Tingkat SD

  1. Anugrah Pilat
  2. Anjel Nowin
  3. Nayla Abusaeng
  4. Krisna Kolopita

b. Cipta Puisi Tingkat SMP

  1. Kobar Pontondo
  2. Efraim Lahengko
  3. Endrita Sagilateng
  4. Marsela Sawotong

c. Menulis Essai Tingkat Umum

  1. Agrendy Saselah
  2. Ocsilya Sahempa
  3. Muhammad Adnan Pangumpia

(Gr)

Ikuti Berita dan Informasi Terbaru dari Lintasutara.com di GOOGLE NEWS

Bagikan Artikel:

Artikel terkait

Terpopuler

BERITA TERKINI