Memanfaatkan Sagu, Ketahanan Pangan Sangihe di Tengah Pandemi

Sangihe, LintasUtara.com – Sagu tanaman lokal endemik di Kabupaten Kepulauan Sangihe, kini menjadi salah satu alternatif yang digunakan sebagai ketahanan pangan di tengah Pandemi Covid-19.

Hal itu menjadi perhatian dari Bupati Kabupaten Kepulauan Sangihe Jabes Ezar Gaghana yang beberapa kali mengunjungi sentra pembuatan Sagu di beberapa kecamatan di Pulau Sangihe.

Dengan mendatangi beberapa tempat pembuatan dan pengolahan sagu, Gaghana mengatakan dia ingin memberi semangat kepada warga yang berprofesi sebagai pembuat sagu sekaligus mengecek ketersediaan pangan lokal tersebut.

“Berbagai upaya terus dilakukan untuk menjaga produksi sagu bahkan meningkatkannya. Masyarakat pengolah sagu adalah mereka yang paling berperan untuk terus disemangati,” Kata Bupati waktu mengunjungi sentra pembuatan Sagu di Kampung Nahepese Kecamatan Manganitu.

Dirinya mengajak masyarakat untuk bersyukur karena memiliki panganan lokal yang bisa diandalkan dalam menghadapi Pandemi Covid- 19.

“Sagu akan tetap menjadi kebanggaan kita rakyat Sangihe sampai kapan pun. Kenikmatan dan manfaat makanan pokok sagu ini tentunya sudah dirasakan mulai dari leluhur kita sampai saat ini,” tuturnya.

Bupati Jabes Ezar Gaghana pun menegaskan bahwa pengolahan sagu kedepannya akan tetap menjadi perhatian pemerintah.

“Pemerintah daerah akan terus mendorong pengembangan usaha pengolahan sagu melalui intervensi program dan kegiatan,” pungkasnya

(Ravel)

Ikuti Berita dan Informasi Terbaru dari Lintasutara.com di GOOGLE NEWS

Bagikan Artikel:

Artikel terkait

Terpopuler

BERITA TERKINI